Tempat Ngaji di Malang

Posting ini saya tulis, karena beberapa waktu yang lalu saya cek di rincian kata pencarian (keyword) google ada yang sempat menuliskan kata kunci semacam ini, dan kebetulan salah satunya adalah tersasar ke blog saya ini, dan supaya tidak mengecewakan tamu yang sedang silaturahim di mari, saya berikan sedikit informasi tempat mengaji dan beberapa majelis ta'lim yang ada di Malang, sekedar yang saya tahu saja dan beberapa yang pernah saya ikuti.

Madrasah Diniyah

Madrasah Diniyah adalah semacam sekolah, yang khusus mempelajari ilmu agama islam, dengan jengjang sesuai kurikulum yang diterapkan di Madrasah bersangkutan, hampir semua pondok pesantren memiliki program Madrasah Diniyah ini, silahkan menanyakan info selengkapnya di pesantren-pesantren terdekat, atau ada pula Madrasah Diniyah di Masjid Agung Jami' Malang (MADINA)

Pengajian Mingguan

1. Pesantren Darul Falah, Plaosan, Blimbing

Pengajian di Pesantren ini diadakan setiap hari Ahad pagi, jam 6 - sekitar jam 7 pagi, di sekitar komplek pondok pesantren, pengajian ini adalah salah satu pengajian mingguan yang cukup ramai jamaahnya, ribuan orang datang ke majelis pengajian ini setiap minggunya, sedangkan kitab pegangan yang dibaca adalah Tafsir Jalalain, Bidayatul Hidayah, dan Risalatul Mu'awanah, yang masing-masing dibacakan berselang-seling setiap minggunya oleh pengasuh KH. Abdurrahman Qomari. Istighotsah diadakan setiap bulan setelah Jumat legi, pada hari ahad nya.

2. Pesantren Ilmu Al-quran, Singosari

Diadakan setiap hari Ahad pagi, diasuh oleh KH. Basori Alwi, dengan membacakan kitab pegangan Nashoihud Diniyah karya Imam Quthub al-habib Abdullah bin Alwi al-haddad, bertempat di lokasi Pesantren Ilmu Al-quran (PIQ), Singosari, pengajian dimulai sekitar jam 7 atau jam 8 pagi.

3. Masjid Jami' Lawang

Berlokasi di Masjid Jami' Lawang, diadakan setiap hari Ahad pagi, dimulai kira-kira jam 6 pagi, dibacakan kitab Nashoihud Diniyah yang diasuh oleh Habib Muhammad bin Anis syihab, menggantikan ayahanda beliau Al-habib Anis bin Hasan Syihab, pengajian ini diawali dengan pembacaan Wirdul Lathif dan Wirdu As-sakran.

4. Pesantren Al-Fatah, Sidoagung, Singosari

Pengajian diadakan setiap hari Selasa pagi, diawali dengan Istighotsah dan dilanjutkan dengan pembacaan kita Nashoihud Diniyah yang diasuh langsung oleh KH. Ja'far Shodiq (Gus Ja'far), berlokasi di sekitar Pesantren Al-Fattah, Jl. Sidoagung, Singosari.

5. Pesantren Ar-rifai, Gondanglegi

Dulunya pengajian ini diasuh oleh KH. Ahmad Zamachsyari (Gus Mad), sepeninggal beliau keberadaan majelis ini diteruskan oleh putranya yaitu Gus Muflih, diadakan setiap hari Ahad pagi, dengan rangkaian acara Sholat Dhuha, Istighotsah dan Pengajian, berlokasi dikomplek Pesantren Ar-Rifai, Ketawang, Gondanglegi, Malang selatan.

6. Majelis Ta'lim MWC NU Singosari

Bagi yang kebetulan berdomisili di Singosari juga bisa mengikuti Pengajian setiap hari Jum'at pagi. yang diselenggarakan oleh MWC NU Singosari, berlokasi di Kantor MWC NU Jl. Masjid Singosari, diasuh oleh KH. Mahmud Abdillah (dari Pesantren Miftahul Huda, Randugembolo, Singosari)

7. Majelis Ta'lim Madinatul 'Ilmi, Bareng Kartini

Majelis ini diasuh oleh beliau Al-habib Sholeh bin Ahmad Al-Aydrus, berlokasi di kediaman beliau Jl. Bareng Kartini Gg. 1 no. 2A, dengan Jadwal sebagai berikut,




8. Majlis Harian Masjid Agung Jami' Malang





Majelis Maulid

Keberadaan Majelis Maulid di beberapa daerah di Indonesia, menjadi sebuah trend positif di negeri ini, seperti halnya yang telah banyak dikenal di Jakarta ada Majelis Rasulullah saw. yang dahulunya dipimpin oleh Habib Mundzir bin Fuad al-musawa, juga ada Majelis Nurul Mushtofa, dan yang lainnya, di Solo ada Majelis Ahbabur rasul yang dipimpin oleh Habib Syekh bin Abdul qadir Assegaf, juga ada majelis yang dipimpin oleh Habib Novel al-aidrus, demikian pula yang ada di Malang, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Majelis Maulid wa Ta'lim Riyadlul Jannah

Majelis ini adalah salah satu Majelis dengan jumlah anggota terbesar di Malang Raya, bahkan Majelis ini sering mengadakan rangkaian acara dakwahnya berkeliling Jawa Timur, Madura dan Bali. Dipimpin oleh KH. Abdur rahim Syadzili (Gus Rahim) dan Habib Abdurrahman Baraqbah, Majelis diadakan setiap hasi Sabtu malam Ahad ba'da Isya', dengan tempat berpindah-pindah/keliling dari satu lokasi ke lokasi yang lain, sedangkan rangkaian acara adalah, pembacaan Maulid Nabi (Simtud Duror) yang disusun oleh al-imam al-quthub al-habib Ali bin Muhammad al-habsyi, dilanjutkan dengan pembacaan syamail rasul yang dinukil dari kitab Wasailul wushul ilaa Syamaailir rasul yang ditulis oleh Syekh Yusuf bin Ismail an-Nabhaniy, ditambah dengan mauidzoh hasanah/tausyiah oleh Ulama' /Kyai/Ustadz yang bersangkutan. berhomebase di Pesantren Riyadhul Jannah, Batu, Jadwal dan informasi selengkapnya silahkan kunjungi www.riyadluljannah.org

2. Majelis Ta'lim wal Maulid Ar-Ridwan

Diadakan secara keliling dari satu lokasi ke lokasi yang lain, setiap dua minggu sekali, setiap hari Ahad malam Senin, Ba'da Isya' , rangkaian acara rutin adalah pembacaan Maulid Nabi (Dliya'ul Laami') yang disusun oleh al-'alim allaamah al-habib Umar bin Hafiz, dan dilanjutkan dengan acara Ta'lim dibimbing oleh pengasuh Majelis ini yaitu beliau Habib Jamal bin Thoha Baagil. Homebase berada di Pesantren Anwarut Taufiq, Batu, Jadwal dan informasi selengkapnya dapat di lihat di situs resminya di www.majelisarridwan.org

3. Majelisul Maulid wat Ta'lim Al-Ihsani

Sebagian besar anggota majelis ini adalah warga Malang selatan & Timur, bisa dibilang majelis ini termasuk salah satu majelis yang masih muda, dibanding majelis maulid serupa lainnya, dipimpin oleh KH. Abdul Hannan, dan KH. Luthfi Abdul Hadi, SH, diadakan secara berpindah-pindah / keliling dari satu tempat ke tempat yang lain, setiap 2 minggu sekali, Hari Rabu, malam Kamis, Ba'da Isya' , Homebase-nya sendiri berada di Pesantren Al-Ihsani, Bululawang.

4. Majelis Maulid wad Dakwah DPI (Dakwah Pemuda Islam)

Dipimpin langsung oleh Habib Muhammad bin Ahmad Al-Habsyi, diselenggarakan setiap hari Sabtu (malam Minggu) Ba'da Maghrib, dengan lokasi berpindah-pindah, biasanya acara konvoi menuju lokasi acara dimulai dari Jl. Ade Irma Suryani (Tongan) depan sekolah At-Taroqi putri, rangkaian acara adalah pembacaan sholawat Ad-dliya'ul Laami' dan Tausyiah. Jadwal dan info selengkapnya bisa di baca di situs resminya : www.dakwahpemudaislam.org



Postingan Terkait

10 comments:

  1. Mhn maaf ralat untuk pengajian di alrifaie yang menggantikan gus mad adalah putra beliau yaitu gus muflih bukan gus muslih seperti yang sudah ditulis, dan lokasinya di raya ketawang gondanglegi bukan ketawang gede. sekian terima kasih.

    ReplyDelete
  2. @ Ning Luluk :

    Matur nuwun atas koreksinya, nampaknya saya memang ada sabqul ashobi' pada penulisan Zawj njenengan ... mohon maaf maaf maaf yang banyak sekali, tulisannya sudah saya koreksi & nama desanya juga sudah saya ralat, sekali lagi mohon maaf & matur nuwun koreksinya.

    Salam jg untuk keluarga Almajidi dari Singosari :)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum.. mbak mau tanya, kalau majlis taklim yg membahas kitab kitab itu dimana ya?

    ReplyDelete
  4. Mbak @Sonia Aulia

    Wa'alaikum salam,

    Kitab apa yg dimaksud mbak? itu hampir semua majelis yang saya cantumkan juga membahas bbrp kitab yang sudah saya tuliskan juga nama kitabnya ... monggoo :)

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum wr wb..
    Kalo perkumpulan majelis khusus wanita area kec.blimbing krn saya pengen sekali punya kegiatan seperti di majelis ,dmana yaa ukhti...syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. di masjid sabilillah ada, atau di pondok plaosan juga ada, kalo nggak salah hari rabu sore ... bab fiqh wanita insyaAllah diasuh bu nyai

      Delete
  6. Pengajian di masjid jami lawang apakah masih aktif sampai sekarang?
    Dan bisa diakses oleh umum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah masih .. diasuh oleh ustadz Habib Muhammad bin Anis Syihab

      Delete
    2. insyaAllah masih, tiap ahad mulai jam 06.00 pagi .. diasuh oleh ustadz Habib Muhammad bin Anis Syihab

      Delete

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *