Belanja di Malang

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, ditinjau dari segi populasi penduduk dan pergerakan ekonominya, maka dari itu sangat wajar kalau dikota ini terdapat banyak pilihan tempat belanja berbagai macam kebutuhan, baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan konsumtif lainnya, bahkan beberapa tempat belanja banyak dikunjungi hanya untuk jalan-jalan saja, diantara tempat belanja berikut ini cocok buat saya dan keluarga, kalau untuk orang lain ya tergantung selera masing-masing juga sih ...

Belanja Kebutuhan Sehari-hari

1. Carrefour Mitra

Carrefour ini sebenarnya ada di banyak kota di Indonesia, bahkan di Malang sendiri selain ada di Mitra Alun-alun juga terdapat di Jl. A. Yani, Blimbing (ex-Alfa Toko Gudang Rabat), cuma bagi saya di Mitra saya bisa sambil jalan-jalan dipertokoan sekitar termasuk ke alun-alun kota Malang, dan juga biasanya setelah capek-capek belanja bisa mampir makan & minum di food court Mitra dengan pilihan menu yang cukup "maknyus" disini.

Memang, sayangnya di Carrefour ini belum ada pilihan barang yang lebih lengkap seperti kalau kita ke hypermart Matos atau Giant MOG (Mall Olympic Garden), yang jualan beberapa barang elektronik juga, tapi kalo untuk kebutuhan sehari-hari saya rasa Carrefour Mitra sudah sangat cukup, bayarnya juga kebetulan saya punya Kartu Kredit Carrefour, jadi bisa dapet potongan plus bayar pakai kartu kredit, dan satu lagi kelebihan bagi saya, karena saya suka sambil nostalgia berbelanja dikawasan ini.

**Update (Agustus 2016) : sempet berharap hanya ditutup sementara karena ada tulisan "renovasi" , ternyata Carrefour Mitra, bener-bener telah "PERMANENTLY CLOSED" , karena gedung ex-Mitra nampaknya sudah diambil alih oleh Matahari Dept. Store.

2. Ratu Supermarket, Gajahmada Plaza

Bisa dikatakan Ratu Supermarket ini satu komplek sama Mitra, karena memang antara Gajahmada Plaza dan Mitra Departement store temboknya aja jadi satu, jadi kalau sudah bosen jalan-jalan dan belanja di Mitra bisa langsung "loncat pager" aja ke Gajahmada Plaza.

Ratu Swalayan ini ada lantai 2 Gajahmada Plaza, Malang, termasuk tempat belanja yang cukup ramai di Malang, barang-barang yang dijual sebagian besar memang berupa kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari yang lain, dengan harga yang lumayan agak miring dibanding dengan swalayan ternama yang lain, meski tempatnya terkesan agak kumuh, dan tata interiornya asal-asalan, tapi tak mengurangi kenyamanan kita saat kita memilih barang yang kita butuhkan, dimana letak barang seperti di swalayan lain, sudah di kategorikan menurut jenisnya masing-masing, jadi gak repot nyarinya.

3. Sardo, Sumbersari

Mungkin sebenernya tempat ini di segmentasikan untuk belanjanya para Mahasiswa yang kebetulan banyak menghuni sekitar wilayah itu, karena daerah sumbersari sendiri terkenal dengan daerah kampus, dimana disana terdapat Kampus ITN, Universitas Brawijaya, dan yang paling dekat adalah UIN (Universitas Islam Negeri, ex-IAIN/STAIN), sehingga barang-barang yang dijual harganya lumayan untuk menghemat isi kantong.

Meskipun begitu, ternyata di Sardo ini juga menyediakan segala macam perlengkapan bayi dan anak-anak, baik busana, makanan, dan asesoris, juga perlengkapan bayi dan anak-anak yang lainnya, dengan harga yang sangat bersaing, yang mungkin bikin agak kurang nyaman mungkin karena tempatnya agak panas, karena sepertinya memang gak ber-AC, dan cenderung agak kurang bersih, juga dengan 3 lantai yang ada, belom ada fasilitas eskalator, jadi agak bikin capek, apalagi pas belanja mesti gendong bayi.

4. Giant Extra, Mall Olimpic Garden (MOG) 

Dari Namanya saja kita bisa menebak, bahwa Giant yang satu ini tidak seperti Giant yang punya gerai-gerai tingkat sedang di beberapa lokasi dengan Brand Giant Express, sedangkan di Giant Extra ini bagi kita yang lagi pengen belanja sekalian refreshing tempatnya berkali-kali lipat lebih luas dari Giant yang biasa, varian barang belanjaannya pun lebih lengkap, tapi untuk harga ya standar lah untuk ukuran Gerai semacam Carrefoure atau Hypermart, kecuali bila kita sedang beruntung pas kesini ada harga promo yang terkadang harganya lebih murah daripada harga pasar tradisional sekalipun. 

Bagi yang mau coba-coba, silahkan menuju ke Te-Ka-Pe aja langsung, lokasinya kalo orang Malang pasti udah pada tahu kan, yaitu di komplek MOG (Mall Olympic Garden) Lt. 3 & 4 (Kalo gak salah)

Dan, kabar baiknya lagi, di tahun 2017 pertengahan ini, akan dibuka gerai Giant Extra, dengan gedung sendiri, di SAWOJAJAR & KEBONSARI, Sukun

5. Hypermart, Malang Town Square (MATOS)

Seingat saya, tempat ini dulu pertama-tama kali opening, bukanya sampai 24 jam loh, tapi sekarang sudah mulai jadi manusia normal seutuhnya kayaknya, buka mulai jam 09.00 pagi, lebih bagi satu jam dari pada jam buka Mall nya, karena letaknya ada di LG (Lower Ground) atau area Basement, jadi jangan disangka masih tutup karena Mall nya masih tutup, anda bisa lewat belakang (parkir), tempat cukup luas, dan cukup lengkap, menyediakan juga produk elektronik & HP, juga ada buah, sayur & daging segar, harga standard supermarket, dengan menggunakan kartu Hi-Card bisa lebih hemat sedikit, tapi lumayan dari pada tidak sama sekali, lagian kalo belanja banyak akumulasi potongannya jadi lumayan juga.

**Update  : Setelah pada bulan Agustus 2016 kemaren sempet ditutup karena ada renovasi, Bulan November 2016 lalu, saya belanja disana gerai Hypermart Matos sudah di BUKA kembali.


Belanja Kebutuhan Perlengkapan Bayi & Anak

Kebutuhan akan perlengkapan bayi dan anak kini juga mulai merambah kedunia lifestyle (duuuuhh .. bahasa ribet yahh... hehee), sehingga bisnis pada konten ini makin banyak diminati, dan bagi para konsumer produk bayi dan anak juga menjadikan tempat ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi (yahh .. minimal berkunjung aja gak papa kan, meski gak belanja, tapi siap-siap aja untuk gatel pengen beli :D).

1. Buchi Kids

Toko ini berada di komplek pertokoan dekat lapangan Rampal, khusus menyediakan segala keperluan untuk bayi dan anak-anak, meski terkesan tidak terlalu besar toko ini hampir setiap harinya selalu ramai dikunjungi para Ibu dan Bapak, juga calon ibu dan calon bapak bahkan yang akan atau belom jadi Ibu & ayah, untuk membeli keperluan bayi dan anak-anak, baik untuk dipakai sendiri ataupun untuk kado, hampir semua perlengkapan yang dibutuhkan bayi dan anak tersedia disini, dengan berbagai macam pilihan jenis dan merek, dan harganya pun tergolong sangat bersahabat.

Dari kebutuhan pakaian bayi & anak, dot, susu, aksesoris, pompa ASI (breast pump), kereta bayi, dan lain sebagainya, semua tersedia dengan fasilitas swalayan, dan mungkin pada hari-hari tertentu anda harus rela desak-desakan, dan sabar menanti antrian dikasir karena padatnya pembeli di toko ini.

2. Olivia Baby & Kids Shop

Saya sendiri baru pertama kali datang ke toko ini beberapa waktu yang lalu, karena penasaran dengan rekomendasi seorang temen, nampaknya toko ini termasuk salah satu toko yang relatif baru dibuka di Malang, Barangnya lumayan lengkap untuk segala kebutuhan bayi dan anak, tempatnya nyaman, meski tidak terlalu luas, tapi tata ruang & barang nya rapi, ruangan ber AC, jadi buat yang gak betah sama panas, tempat ini mungkin sangat cocok, tidak seperti toko yang lain, toko ini terlihat rapi dan eksklusif dengan dijaga seorang satpam seperti layaknya Bank, juga dilengkapi CCTV, dan ngomongin soal harga nampaknya bakal banyak orang gak percaya dengan tampilan toko ini, dengan tempat yang eksklusif seperti itu beberapa barang disini ternyata lebih murah dari pada toko serupa yang lain, dan kasirnya relatif agak sepi, tanpa mengular yang luar biasa, karena dari pengamatan saya, pembeli di toko ini pun masih tidak seramai misalnya di Buchi Kids. 

Namun, yang menjadi kekurangan di toko ini adalah, stok beberapa barang keseringan kosong, beberapa kali saya kesini untuk membeli susu SGM stok kosong, meski jika dicek didaftar harga memang barang ini dijual disini hanya saja stok lagi kosong, jadi mungkin kalo mau kesini telpon saja terlebih dahulu, apakah stok barang masih ada atau kosong.

Alamat toko ini ada di Jalan Sukarno Hatta, posisi jalan sebelah barat, di ruko-ruko sekitar Bakso Damas. Selamat berbelanja. :)

3. Citra Baby & Kids

Toko Citra ini, terdapat di beberapa lokasi di Malang Raya, baik di sekitar Pusat kota, maupun di beberapa kecamatan di Kabupaten Malang, seperti yang baru ini saya coba di Cabang Singosari, letaknya dekat dengan stasiun kereta api Singosari.

Meskipun berbeda dari beberapa toko yang telah disebutkan diatas, yang berkonsep swalayan, justru toko ini bukan swalayan, tapi harga yang ditawarkan juga lumayan lebih murah dari toko yang menjual perangkat kebutuhan bayi yang ada, meski tak se drastis harga murah yang ditawarkan Buchi atau Olivia (mungkin), namun begitu menurut saya beberapa barang disini (sepertinya) termurah di Singosari.

Sempet saya menulis disini bahwa kalau kesini harus bawa uang tunai / cash, tapi nampaknya gayung bersambut, dibeberapa gerai Citra Baby & Kids kini sudah difasilitasi dengan mesin EDC, seperti di Singosari saya lihat sudah ada EDC BCA, jadi jangan khawatir lagi jika tidak membawa uang tunai atau uang yang kita bawa ternyata kurang.





Postingan Terkait

3 comments:

  1. iya nih aku sedih banget akhir september lalu pas lewat situ Carefour Mitra sudah jadi Matahari!! apa!!?? Padahal aku suka sekali suasana belanja di sana, pulang2 tuh bahagia .. pengen senyum teruus .. mungkin karena punya nilai nostalgia buat aku mengingat waktu kecil aku tinggal dekat situ (gandekan) :)
    moga2 saja cuma renovasi .. tapi kayaknya sudah diambil alih Matahari deh hiks hiks ..
    btw makasi infonya, Bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dan ternyata ... saya sudah tanyakan ke Carrefour Blimbing, disana memang tutup, dan bahkan di google tulisannya "Permanently Closed" ... ya sudahlah, semoga kalo emang diambil alih Matahari, bisa sekalian Hypermart -nya di kasih disitu juga, biar kita-kita nih tetep bisa belanja & jalan2 disitu, terus abis belanja bisa makan di food court, mampir di warung bu haji .. hehe, warung faforit ... sambil mengenang masa kecil & masa SMA ,,, haduuhh .. masa-masa preeeeettt banget tuh ...

      Delete
  2. Alfa gudang rabat Blimbing... Barang2 pembelianku di sana saat pembukaan pertama masih lupakai sampai saat ini. Selimut, sprei,stoples tempat kue dan perlengkapan dapur. Saat itu aku masih gadis,,tahun 90-an awal. Aku kost dan kerja dekat situ... Tiap sore jjs ke Alfa cari camilan dan lainnya... Sekarang aku sudah tua, tp barang2 itu masih kupakai. Kenanganlah.. .Sekarang rumahku jauh sih.. Sebuah desa di Trenggalek.

    ReplyDelete

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *