Legalisir di KUA (Ribet)

Semoga kali ini bukan tulisan yang dianggap curhatan gombal, tapi memang sebuah realita yang perlu untuk mendapat solusi yang lebih kongkrit karena bersangkutan dengan urusan catatan sipil atau kependudukan sensitif lainnya.

Beberapa hari yang lalu, saya mengunjungi KUA (Kantor Urusan Agama) untuk keperluan legalisir buku nikah, dan alhamdulillah pernikahan saya waktu itu dilaksanakan di wilayah kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan kini saya bersama istri tinggal di wilayah kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sehingga Akte Nikah saya yang mengeluarkan adalah Kantor KUA kecamatan Ceper, Klaten, dan karena keperluan mengurus Akte Kelahiran anak kami yang pertama, petugas dari Kelurahan (waktu itu) meminta fotocopy akta (buku) nikah yang telah dilegalisir oleh kantor yang berwenang yakni KUA, sedangkan untuk legalisir saya disarankan ke KUA setempat (Kecamatan Singosari, tempat saya domisili sekarang), saya pun menuju kantor KUA kec. Singosari.

Sampai di Kantor KUA Singosari, ternyata waktu itu sedang istirahat dan semua pegawai disana sedang sholat di mesjid depan kantor KUA, akhirnya saya pun ikut menuju masjid untuk melaksanakan sholat dzuhur bersama pegawai KUA, singkat cerita, usai sholat dan istirahat, dan pegawai KUA sudah berada di dalam kantor semua, sebagian masih makan siang, dsb, setelah menunggu beberapa lama, saya pikir waktu itu jam istirahat sudah selesai, sayangnya saya bingung untuk mengurus legalisir harus ke siapa, karena di meja depan (sepertinya tempat terima tamu) tidak ada yang jaga, saya menunggu sampai ada pegawai yang sliwar-sliwer untuk saya mintain tolong.

Lanjut, "skip" cerita, seorang pegawai menolong saya mempertemukan dengan kepala KUA, untuk meminta tanda tangan, mengetahui surat nikah saya dikeluarkan diluar daerah "kekuasaan"nya, beliau menanyakan kepada saya apakah saya membawa HP ...? saya jawab "iya" , "silahkan sampeyan telpon kantor KUA kec. Ceper, Klaten, kalo gak punya nomornya silahkan tanya ke 108, kalo pake nomor GSM, tambahi kode aren 0341" ... (dalam hati saya, HAAAAAAHHH ,,, ???), namun karena saya orang sabar, dan baik hati, saya husnudzon saja, dan saya turuti instruksi-nya (hmm ,,, kira-kira instruksi kayak gini SOP-nya KUA yah?), setelah mendapatkan informasi nomor KUA Ceper dari 108, saya coba telepon nomer tersebut, ternyata nomernya sudah tidak dipakai, pak kepala KUA memberi saran pada instruksi opsi ke-2 yaitu tanya ke Depag kab. Klaten, untuk tanya nomor telepon KUA Ceper, singkat cerita, nomor gak dapat juga.

Karena, saya juga dikejar waktu untuk balik kantor (karena saya ijin pada jam kerja), saya tanyakan pada pak kepala KUA, apakah tidak bisa hanya dicocokkan dengan buku aslinya saja, karena saya juga bawa buku nikah asli, beliaunya bilang tidak bisa, karena jaman sekarang semua bisa dipalsu kok mas ( Busyet dah, uang aja banyak yang dipalsu, tapi ada kriteria yg menunjukkan aslinya, masak KUA gak bisa?), apa gunanya sekarang repot-repot bikin yang asli kalo ternyata yang asli aja dianggap palsu? akhirnya, karena gak dapat solusi, saya tinggalkan kantor KUA, tanpa hasil, saya jadi berpikir mending sekalian saja bikin legalisir palsu, apa susahnya.

Jadi, ternyata di KUA, dan mungkin Dinas lainnya :

1. Di setiap kantor dinas, saya pikir ada unit telepon yang dapat digunakan untuk keperluan dinas, dan kepentingan masyarakat, TERNYATA fasilitas itu TIDAK UNTUK URUSAN WARGA (meski kita bayar pajak pada negara)

2. Bahkan, ternyata di KUA tidak punya data Akses dengan KUA yang lain, atau bahkan dengan lembaga terkait diatasnya.

3. Saya lihat dikomputer pak kepala KUA terakses dengan internet, yang waktu itu bisa membuka situs milik kementrian agama Blitar, seharusnya bisa browsing nomor telepon yang dicari di internet, gimana sih pak?

4. KUA sangat berhati-hati dalam menverifikasi data palsu dan asli, tapi SAMA SEKALI GAK PUNYA FASILITAS PENUNJANG VERIFIKASI.

Semoga tulisan ini, bisa jadi masukan, dan informasi bagi yang punya urusan sama seperti saya, jadi kalau kasusnya sama seperti saya, opsi (bukan saran loh yah) pilihannya adalah :

1. Minta legalisir ke KUA tempat mengeluarkan surat/buku akte nikah yang bersangkutan. atau
2. Cari informasi nomor telepon KUA tempat buku anda dikeluarkan, dan cek dulu nomor teleponnya benar atau tidak, bisa dihubungi atau tidak. dan sebelum menuju KUA siapkan pulsa HP anda paling tidak Rp 25.000 / jika beda operator. atau
3. Untuk keperluan tertentu, kita bisa minta legalisir ke kantor Notaris (saran temen saya). atau





Postingan Terkait

16 comments:

  1. Ya betul sekali. Yang berhubungan dengan urus mengurus surat memang (diper)sulit. Apalagi yang berhubungan dengan KUA. Zaman dah maju kek sekarang yang teknologi bisa memudahkan malah dibikin ribet sendiri.

    ReplyDelete
  2. saya pun mengalami hal yang sama, (diper)sulit juga mengurus pendaftaran nikah. saya ktp jakarta, calon saya ktp bantul dan berencana menikah di bantul.

    ReplyDelete
  3. Pak @malamjumat : iya pak, alesannya - antara males make-nya atau gak bisa males belajarnya, juga bisa jadi males ngeladenin kalo gak ada duitnya ... heheee

    Mas @anonymous : sulitnya kenapa pak? kan tinggal minta surat pindah nikah saja dari jakarta, abis itu dibawa ke KUA bantul nya ... mustinya kalo sesuai prosedur sih gak ribet kok ,, kecuali pihak "sono" nya yg bikin ribet minta apalah apalah ... heheee

    ReplyDelete
  4. dohh..ane baru mau urus akta kelahiran anak pertama, kasus sama seperti diatas, KUA sama domisili sekarang beda. Keknya bakal ribet juga ntar...

    ReplyDelete
  5. kemarin legalisasi copyan buku nikah di KUA kecamatan larangan, Brebes juga parah pelayanannya,sudah ngga bisa diomelin lagi. terus langsung aja ke KEMENAG brebes, tanpa menunggu lama langsung di layani dan rampung. dasar oknum sontoloyo

    ReplyDelete
  6. YaAllah.. Ternyata bukan aku doank yang bete ama urusan legalisir buku nikah dan punya pengalaman ga enak urusan ama KUA dan birokrasi semacamnya di Indonesia ini.. Hih. Soryyy ikutan emosi bacanya soalnya ribet banget juga fotokopi pake legalisir orang kita bawa aslinya ya. Ini mau ngurus akte lahir anak aja ujung2nya "minta tolong" orang kelurahan bayar 450rb buat urus akte skalian Kk soalnya saya nikah di Gresik tp domisili skarang di kabupaten bekasi. Huh.

    ReplyDelete
  7. Dulu pas mau nikah juga gitu, calon orang bekasi, saya mau nikah di gresik. Pas itu syarat 2 dari kua bekasi ama gresik beda. Yg kua gresik minta kek gini2, yg bekasi ngomel ga mau keluarin surat keterangan lagi alasannya ga perlu dokumen itu. Jadilah pas di depan kepala kua gresik, pas dia bilang syaratnya ada yg kurang, saya langsung ngomel aja, bapak coba telp kua bekasi aja. Dia ga mau keluarin lagi keterangannya. Tu didepan meja bapak kan ada telepon. Saya bayar deh pulsanya. Agak ga sopan emang tapi sudah kesel banget.. Sampe calon saya yg duduk di sebelah saya injek kaki saya wkwkkwkw. Akhirnya lah si bapak kepala telp kua bekasi dan ga lama masalahnya clear, beres.harus agak jahat juga sih kitanya.

    ReplyDelete
  8. Dulu pas mau nikah juga gitu, calon orang bekasi, saya mau nikah di gresik. Pas itu syarat 2 dari kua bekasi ama gresik beda. Yg kua gresik minta kek gini2, yg bekasi ngomel ga mau keluarin surat keterangan lagi alasannya ga perlu dokumen itu. Jadilah pas di depan kepala kua gresik, pas dia bilang syaratnya ada yg kurang, saya langsung ngomel aja, bapak coba telp kua bekasi aja. Dia ga mau keluarin lagi keterangannya. Tu didepan meja bapak kan ada telepon. Saya bayar deh pulsanya. Agak ga sopan emang tapi sudah kesel banget.. Sampe calon saya yg duduk di sebelah saya injek kaki saya wkwkkwkw. Akhirnya lah si bapak kepala telp kua bekasi dan ga lama masalahnya clear, beres.harus agak jahat juga sih kitanya.

    ReplyDelete
  9. DARI cerita di atas sama persis dengan hal yang saya alami...., Legalisir di KUA yang bukan tempat kita menikah sangat sulit sekali.. katanya di KUA tersebut gak ada data,,,, dan harus menghub KUA tempat dia menikah,,, duh di ERA IT kok KUA kok bingung melihat Data....

    ReplyDelete
  10. Sebagai orang KUA, saya mohon maaf atas pelayanan yang dianggap kurang menyenangkan saat legalisir buku nikah dari luar daerah. Tapi izinkan saya memberikan penjelasan beberapa hal yang terkait: 1. Belum semua data pernikahan dikirim ke database server di pusat, apalagi untuk pernikahan yang sudah lama terjadi. Hal ini membuat sulitnya untuk melakukan verifikasi secara daring. 2. Tidak semua memiliki KUA fasilitas internet yang memadai, sehingga data pernikahan bisa dikirim ke pusat dengan lancar. Pengiriman data ke server pusat membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil. Jika tidak, proses pengiriman data itu sering gagal. Kalaupun pengiriman data berhasil, hal itu membutuhkan proses yang cukup lama. 3. Kemampuan untuk membedakan mana buku nikah asli atau palsu, tanpa mencocokkan dengan data yang dimiliki, tidak dimiliki oleh banyak orang, bahkan oleh pihak internal KUA sendiri. Karena itu, sebagian mereka memilih cara aman dengan mengontak langsung dengan pihak KUA yang mengeluarkan buku nikah. 4. Tidak semua KUA memiliki fasilitas telepon kantor, sehingga bisa dicari lewat internet. 5. Sebaiknya jika hendak melegalisir buku nikah yang dikeluarkan dari luar daerah, langsung saja ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, cq Seksi Bimas Islam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sudah bawa aslinya Pak. kenapa masih dipersulit ????

      Delete
    2. poin nomer 5,cukup membantu pak, terimkasih ...

      semoga bapak/ibu di KUA langsung saja ngasih saran ke kementrian agama kota/kabupaten, bukan nyuruh kita ngisi pulsa HP terus nyuruh nyari nomer tlp kantor KUA asal, kalo gak ketemu nyuruh nelpon ke operator telkom,,,

      anyway maturNuwun

      Delete
  11. Memang org kua kaya tok wes bedan yg palsu asli aj gk bisa...... wes tuwek semua yg bekrja di KUA BISANYA CUMA MARAH2 TOK.....

    ReplyDelete
  12. Saya jg mengalami hal yg demikian persis,padahal mereka bilang kl pny group WA tp gak mau bantu sy di suruh berusaha sendiri mencari no telp yg di tuju ( kademangan probolinggo) sy di kasih 2 nomer dr 108 tp ke duanya tdk bs menerima panggilan pd waktu itu sy ngurus di kec sukun mlg

    ReplyDelete
  13. Saya dari 2020 masih mengalami,masa disuruh minta nomer penghulu yg menikahkan. Yaelah pak,pas nikah aja ga punya nomer penghulu apalagi sekarang. Harusnya bisa kan ya cek online asli ndaknya buku nikah. Jaman 4G gini

    ReplyDelete
  14. Tadi sy jg mau legaliser copyan surat nikah ortu di KUA kecamatan klojen, malang. Lha kok ga bisa. Pdhl sy bw yg asli. Dan yg asli itu yg mengeluarkan KUA daerah itu. Tp ttp diblg ga bs. Malah aq diomelin

    ReplyDelete

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *