Sharing Usaha Travel Online

Usaha Travel yang diantara produknya adalah Tiket, Transport, dan Hotel, sudah semakin ramai, sistemnya pun sekarang sudah mulai lebih canggih dari pada sebelumnya, aksesnya pun sekarang semakin dipermudah dengan berbagai sistem online yang ditawarkan, ada yang menawarkan full akses dengan gratis, ada yang masih harus bayar, bisa juga tergantung pada benefit plus yang diberikan, dan macam-macam, yang saya sendiri nyoba nya selalu yang gratisan soalnya. 

So, apakah usaha travel ini memang sangat menjanjikan keuntungan yang We-O-We (Wow) gitu? ya gak janji juga sih, tapi insya Allah potensi selalu ada, tergantung kita menjalankannya, pengalaman saya sendiri, jika kita berpotensi dapat menarik market travel ini ke tempat kita maka itu bagus, apalagi jika kita sebelumnya sudah punya market, dan kita melihat peluang itu, kemudian kita cari koneksi online yang bagus, maka itu "excelent", jadi menurut saya intinya ya kembali pada MARKETING.

Saat ini, beberapa kali saya lihat ada travel baru buka dipinggir jalan raya, dengan tempat yang menurut saya keren sekali, namun dapat berapa bulan sudah ilang tak berbekas, beberapa diantara mereka ternyata abis ikut seminar apalah-apalah (kata Iis Dahlia), dengan semangat '45 bikin travel dengan dana "sekian-sekian" dan dapet berapa bulan, terlihat "kesepian" dan gak betah, dan musnahlah sudah harapan. Ya gak semualah yang seperti itu, ada banyak juga yang sukses, tapi memang kudu dibarengi dengan ketelatenan, ulet & sabar, sebagian juga memulai dari hal yang kecil, asal semangat tetap gede, nah begitu kira-kira yang sempet saya jalani berawal dari kecil & gratis, sekarang tetap kecil juga tapi gakpapa yang penting bermakna, semoga mendapat ridho-Nya dan suatu ketika menjadi lebih baik & tetap Barokah. (senyum dulu)

Berikut ini saya mau sedikit sharing beberapa sistem yang diberikan oleh penyedia nya secara Gratis, saya berikan sedikit ulasan kelebihan & ke-tidak-lebihannya, semoga apabila diantara bapak-ibu/mama-papa ada yang mau ikut meramaikan dunia per-travelan bisa menggunnakan salah satu, salah dua, atau digunakan semuanya juga boleh. 

1. Via.com 

Brand ini berpusat di India (kalo gak salah), dan sudah menyebar di seantero Asia juga (sepertinya), termasuk pula di negara kita Indonesia, dengan domain id.via.com (khusus untuk login Agent & Register). beberapa keunggulannya (menurut saya) adalah : 

-    Punya Sistem sangat lengkap & Global (saya rasa ini salah satu sistem Travel terlengkap, saya belum tahu yang lain yang berbayar soalnya)
-  Sistem Tiketing Domestik, Internasional, dan Multi Destinasi, pencarian dapat dilihat dalam satu display, sehingga kita tidak perlu membuka & mengecek setiap maskapai bergantian.
-    Sistem Tiketing Kereta Api, sependek yang saya tahu di via.com ini, komisi tiket kereta paling guede, sekitar Rp 6000/transaksi.
-    Sistem pencarian hotel diseluruh dunia
-    Panel untuk paket wisata dalam & luar negeri.
-    Sistem pembelian voucher pulsa all operator.
-   Tidak ada biaya pendaftaran, hanya deposit awal sebesar Rp 1.000.000 yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Ke"tidaklebihan"nya diantaranya : 

-     Tidak punya sistem PPOB, karena memang fokus di bisnis jasa perjalanan
-     Pembayaran sesuai harga jual, sehingga komisi terakumulasi di deposit. 
-     Tidak dapat melihat jumlah seat yang tersedia.
-    Tidak ada fasilitas untuk mencetak e-ticket/itinerary receipt versi maskapai, jadi form sudah versi via.com yang disesuaikan.

2. Tiket.com  

Yang ini aseli produk dalam negeri, dikelola oleh PT. Global Tiket Network, berkantor pusat dijakarta, yang awalnya memang lebih fokus di penjualan online, namun baru-baru ini Tiket.com juga membuka program DOTA (Distribution Online Tiket.com Agent) dengan alamat agent panelnya agent.tiket.com, yang memberikan kesempatan pada publik untuk ikut menjadi agen distributor dari tiket.com, namun demikian ada beberapa panel yang tidak sama antara panel untuk agent, dengan panel reguler (publish) milik tiket.com, diantaranya adalah tidak adanya Panel penjualan tiket event/acara, tapi diganti dengan panel atraksi. 

Dan beberapa kelebihannya adalah : 

-      Di Tiket.com versi agent ini sekali seach dapat melihat & mengecek ketersediaan seat & harga semua maskapai dalam satu display, tanpa membuka/mengecek lagi permaskapai. 
-     Ada tombol untuk booking ulang ketika jatuh time limit, dan jika seat masih tersedia maka akan terbooking lagi, tanpa mamasukkan ulang detail penumpang. 
-     Sekali kita booking dengan nama yang sama, dengan pesawat berbeda akan bisa otomatis booking 2 kali, ke maskapai saat berangkat & maskapai saat pulangnya, di sistem lain hal ini bisa terjadi bila PP menggunakan maskapai yang sama.
-     Loading pencarian cepat.
-     Menjangkau semua rute domestik & internasional.
-    Tidak ada biaya registrasi, hanya deposit awal Rp 250.000 yang bisa anda gunakan untuk transaksi.

beberapa kurang lebihannya : 

-     Komisi terakumulasi di Deposit.
-     Ada service fee, sekitar Rp 7500/transaksi
-     Promo website reguler dan Aplikasi tidak berlaku di DOTA
-     Cetak e-ticket/itinerary receipt dengan format ala tiket.com & tidak dapat mencetak tiket versi maskapai.

3. Darmawisata Indonesia

Berbeda dengan 2 channel diatas yang memiliki website penjualan versi reguler, darmawisata indonesia ini memang khusus untuk melayani agent, dengan alamat situs : www.darmawisataindonesia.co.id, panel yang disediakan cukup lengkap meliputi : pemesanan tiket pesawat, hotel, paket wisata bahkan mereka memliki ijin penyeleggaraan umroh sendiri, juga ada fasilitas pembayaran (PPOB) yang tidak hanya melayani penjualan/isi voucher pulsa all operator, tapi juga pembayaran tagihan PLN (Pra & Pasca bayar), PDAM, Telkom, TV kabel, BPJS, Kredit/Finance (FIF, BAF, OTO, dll), dan lain sebagainya, pokoknya komplit. 

Kelebihannya diantaranya adalah : 

-    Reservasi tiket lengkap semua maskapai, domestik & internasional
-    Reservasi hotel bagus
-    Fasilitas PPOB lengkap dengan print struknya
-    Ada fasilitas booking Travel & Bus
-    Menyediakan layanan sewa transportasi bus & mobil/rencar
-    Registrasi gratis, Bahkan tidak ada deposit awal untuk aktivasi
-    Harga Tiket Pesawat Nett To Agent (NTA) full komisi
-    Sistem cek & booking seat, persis seperti buka portal agent maskapai.
-    Dapat melihat jumlah seat yang masih tersedia
-   Bayar sesuai harga NTA, jadi komisi bisa langsung kita ambil atau mau ditaruh di deposit, terserah. 
-    Fasilitas isi deposit bisa dengan cara pesan tiket pembayaran, lalu transfer via BCA, Mandiri, BRI, BNI, atau bisa pakai fasilitas E-Commers beberapa Bank (BCA belum bisa, hanya bisa via transfer), dan yang paling Oke pembayaran/isi deposit bisa dengan menggunakan kartu kredit, meski dengan charge/biaya sekitar 3% + Rp 2.000 (saya tidak tahu pas-nya, karena saya hitung gak pernah pas, tapi tidak jauh dari itu lah) 
-    Print tiket sama persis dengan e-ticket/itinerary receipt maskapai. 
-    Pokoknya disini anda "seakan" punya travel sendiri bukan sub-agent 

Ke-kuranglebih-an nya diantaranya adalah : 

-    Untuk cek harga & ketersediaan seat harus buka per-maskapai, tidak bisa dalam satu display.
-    Reservasi kereta Api masih manual, dengan cara Chat ke operator tiketing via YM atau WA

Sementara begitu saja review dari saya, nanti kalo inget sesuatu lagi atau ada update, saya tambahkan, semoga bermanfaat.




Postingan Terkait

1 comment:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *